Sunday, May 4, 2014

piranha




Piranha

Piranha, atau Pirana, merupakan ikan air tawar yang hidup terutama di sungai-sungai yang hangat dari Amerika Selatan, terutama di perairan Amazon. Namanya berasal dari bahasa Amerika Selatan asli, TAPI-Guarani. Tampaknya menjadi gabungan dari dua kata: pira yang berarti ikan, dan Sanha, yang berarti gigi. Reputasi mereka juga mengerikan: gigi piranha sangat tajam sehingga mereka dapat dengan mudah memutuskan sebuah jari manusia hanya dengan satu gigitan. Bahkan, suku-suku asli setempat menggunakan gigi senjata darurat dan alat-alat. Beberapa keepers memiliki pengalaman digigit piranha sampai berdarah-darah.
Seekor ikan yang cukup kecil, rata-rata piranha 8 inci (17 cm) panjang, meskipun spesimen yang lebih besar telah ditemukan. Spesies terbesar, sebuah £ 11 (5 kg) piranha yang hidup di Guyana Suriname / Perancis, sebenarnya herbivora (pacu).  Seperti itu terkenal oleh sebagian besar, sebagian besar piranha adalah karnivora, makan terutama pada ikan-ikan kecil, krustasea, dan bangkai. Kejadian serangan terhadap manusia cukup langka, meskipun kadang-kadang terjadi, terutama jika sesuatu seperti darah menarik perhatian mereka pada awalnya. Hal ini terutama berlaku selama musim kemarau, ketika makanan menjadi langka, dan ikan telah dikenal untuk menyerang sesuatu yang masuk ke dalam air.
Ikan Piranha dapat menjadi hewan peliharaan akuarium, jika pemilik bersedia untuk meluangkan waktu dan usaha dalam menciptakan lingkungan yang tepat. Mereka juga membutuhkan tangki besar (setidaknya 13 galon (50 liter)) untuk mencapai kebahagiaan, sehingga orang juga harus mempertimbangkan biaya tambahan. Ikan ini sangat teritorial, dan mereka dapat berubah kanibalisme jika disimpan dalam ruang kecil. Mereka juga pemalu, sehingga mereka perlu diberi banyak ruang bersembunyi. Kelebihan kapasitas biasanya menyebabkan pertempuran, dan ikan piranha telah dikenal untuk hidup dalam kelompok (keluarga phygocentrus), itulah sebabnya mengapa lebih baik memperhatikan jumlah mereka di dalam tangki.
Bila disimpan dalam tangki ikan, piranha dapat makan udang, potongan ikan, atau pada dasarnya makanan ikan yang tersedia di toko-toko hewan peliharaan. Meskipun ada banyak spesies, hewan peliharaan yang paling populer adalah piranha red-bellied atau Pygocentrus nattereri. Meskipun demikian namanya, ikan ini bisa menjadi berbagai warna, dari kuning ke hitam perak. Piranha termasuk binatang ilegal di banyak tempat, sehingga orang-orang yang ingin menjaga memelihara harus memeriksa peraturan setempat.

No comments:

Post a Comment