Wangsalan - Parikan |
Wangsalan
|
Parikan
|
Wangsalan - Parikan |
Wangsalan
|
Parikan
|
Tembung Garba |
01. aglis
02. anèng 03. aranèki 04. dadyåwúh 05. dhêmênyar 06. duparså 07. jalwèstri 08. kadyå 09. kajwarèng 10. kalokèng 11. kapyarså 12. kalyan 13. lagyantuk 14. 1agyaníng 15. 1êbdhèng 16. lumakèng 17. lumêbèng 18. maharjå 19. maharsi 20. mahamêru 21. malebèng 22. mungging 23. murbèng 24. murwèng 25. narendrå 26. narpati 27. narpéndah 28. natèng 29. nujwari 30. praptèng 31. prawirèng 32. prawirotåmå 33. priyagúng 34. priyanggå 35. ratwagung 36. ratwelok 37. sarotåmå 38. sedyarså 39. sinóm 40. sirèku 41. sitinggíl 42. sugyartå 43. sumbangsíh 44. surendrå 45. surêng 46. surendrå 47. taksyalit 48. tankocap 49. tumengèng 50. tumekèng 51. tumekèng 52. tumujwèng 53. wirotåmå 54. yèku |
såkå tembúng : age + gêlis
såkå tembúng : ånå + ing såkå tembúng : arané + ki såkå tembúng : dadi + éwuh såkå tembúng : dhêmên + anyar såkå tembúng : dupi + årså såkå tembúng : jalu + èstri såkå tembúng : kadi + kåyå såkå tembúng : kajuwårå + ing såkå tembúng : kalokå + ing såkå tembúng : kapirêng + arsa såkå tembúng : kalih + lan såkå tembúng : lagi + antuk såkå tembúng : lagi + níng såkå tembúng : lebdhå + ing såkå tembúng : lumaku + ing såkå tembúng : lumêbu + ing såkå tembúng : måhå + råjå såkå tembúng : måhå + arsi såkå tembúng : måhå + mêru såkå tembúng : malebu + ing såkå tembúng : munggúh + ing såkå tembúng : múrba + ing såkå tembúng : murwå + ing såkå tembúng : nårå + indrå såkå tembúng : nårå + dipati såkå tembúng : nårå + éndah såkå tembúng : nåtå + ing såkå tembúng : nuju + an såkå tembúng : praptå + ing såkå tembúng : prawirå + ing såkå tembúng : prawirå + utåmå såkå tembúng : priyå + agung såkå tembúng : priyå + anggå såkå tembúng : ratu + agung såkå tembúng : ratu + élok såkå tembúng : saru + utåmå såkå tembúng : sedyå + arså såkå tembúng : isih + enóm såkå tembúng : sirå + iku såkå tembúng : siti + inggíl såkå tembúng : sugih + artå såkå tembúng : sumbang + asih såkå tembúng : surå + indrå såkå tembúng : surå + ing såkå tembúng : sutå + indrå såkå tembúng : taksih + alit såkå tembúng : tanpå + ucap såkå tembúng : tumengå + ing såkå tembúng : tumekå + ing såkå tembúng : tumekå + ing såkå tembúng : tumuju + ing såkå tembúng : wiro + utåmå saka tembung : yå + iku |
Paribasan M - O |
M
|
N
|
O
|
Paribasan E - K |
E
|
G
|
J
|
K
|
Paribasan A - D |
A
|
B
|
C
|
D
|
KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS | |||||||
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | |||||||
Satuan Pendidikan | : Madrasah Tsanawiyah | Alokasi Waktu : 90 Menit | |||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | Jumlah Soal : 40 PG, 5 Uraian | |||||
Penyusun : Tim Penyusun KKMTs Surakarta | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
1 | VIII / Genap | * Mampu mendengarkan dan memahami | * Mendengarkan berita yang | * Berita berbahasa Jawa | * Menyebutkan pokok-pokok | PG | 1 |
berbagai wacana lisan dalam berbagai | disiarkan melalui media | dari media elektronik. | berita. | ||||
ragam bahasa Jawa. | elektronik. | * Memberikan tanggapan atas isi | PG | 2 | |||
berita. | |||||||
2 | VIII / Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, | * Berpidato | * Pidato berbahasa Jawa | * Menjelaskan isi pidato/sesorah. | PG | 3 |
pendapat, gagasan, dan perasaan | (Sesorah). | 4 | |||||
secara lisan melalui berbicara, | * Menyebutkan bagian-bagian | PG | 5 | ||||
bertelepon dan berdialog dalam | pidato/sesorah. | 6 | |||||
berbagai ragam bahasa dengan | * Menuliskan salah satu bagian | Uraian | 41 | ||||
unggah-ungguh basa yang sesuai. | pidato/sesorah. | ||||||
* Bercerita tentang pengalaman | * Bercerita tentang penga- | * Menjelaskan isi cerita. | PG | 7 | |||
yang berkesan. | laman yang mengesankan. | 8 | |||||
* Menentukan jenis cerita. | PG | 9 | |||||
3 | VIII / Genap | * Mampu membaca indah | * Membaca indah cerkak dan | * Membaca indah cerkak. | * Menjelaskan isi cerkak. | PG | 10 |
Tembang Sinom. | 11 | ||||||
* Menelaah unsur intrinsik cerkak. | PG | 12 | |||||
13 | |||||||
14 | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Membaca indah Tembang | * Menjelaskan isi Tembang Sinom. | PG | 15 | ||||
Sinom. | 16 | ||||||
* Menjelaskan istilah sukar dalam | PG | 17 | |||||
Tembang Sinom. | |||||||
* Menyebutkan watak Tembang | PG | 18 | |||||
Macapat. | |||||||
* Menyebutkan aturan Tembang | PG | 19 | |||||
Macapat. | 20 | ||||||
* Menyebutkan aturan/paugeran | Uraian | 42 | |||||
Tembang Sinom. | |||||||
* Mampu membaca dan memahami | * Membaca dua paragraf | * Membaca Aksara Jawa | * Membaca teks tulisan Jawa | PG | 21 | ||
bacaan berhuruf Jawa. | berhuruf Jawa. | yang menerapkan aksara rekan | |||||
* Membaca teks tulisan Jawa | Uraian | 43 | |||||
yang menerapkan aksara swara | |||||||
* Menjelaskan isi bacaan. | PG | 22 | |||||
23 | |||||||
* Melengkapi teks rumpang. | PG | 24 | |||||
* Membaca Purwakanthi. | * Purwakanthi | * Menentukan purwakanthi. | PG | 25 | |||
26 | |||||||
* Membaca Paribasan. | * Paribasan | * Menjelaskan makna salah satu | PG | 27 | |||
paribasan. | Uraian | 44 | |||||
* Menentukan paribasan. | PG | 28 | |||||
4 | VIII / Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, | * Menulis surat undangan. | * Menulis surat undangan | * Menyebutkan jenis surat | PG | 29 |
gagasan, pendapat dan perasaan secara | undangan. | ||||||
tertulis dalam berbagai bentuk tulisan | * Menjelaskan isi surat undangan. | PG | 30 | ||||
dan ragam bahasa Jawa sesuai dengan | 31 | ||||||
unggah-ungguh basa yang benar. | * Menyebutkan bagian-bagian | PG | 32 | ||||
surat. | 33 | ||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Menulis dua paragraf | * Menulis aksara Jawa | * Menulis kalimat berhuruf Jawa | PG | 34 | |||
berhuruf Jawa. | yang menerapkan aksara swara | Uraian | 45 | ||||
* Menulis kalimat berhuruf Jawa | PG | 35 | |||||
yang menerapkan sandhangan | |||||||
wyanjana. | |||||||
* Melengkapi teks rumpang | PG | 36 | |||||
* Menulis Parikan. | * Parikan | * Menentukan jenis sastra. | PG | 37 | |||
* Melengkapi parikan. | PG | 38 | |||||
* Menulis Tembung Garba. | * Tembung Garba | * Menuliskan tembung garba. | PG | 39 | |||
* Mengurai asal tembung garba. | PG | 40 | |||||
KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS | |||||||
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | |||||||
Satuan Pendidikan | : Madrasah Tsanawiyah | Alokasi Waktu : 90 Menit | |||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | Jumlah Soal : 40 PG, 5 Uraian | |||||
Penyusun : Tim Penyusun KKMTs Surakarta | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
1 | VII/Genap | * Mampu mendengarkan dan memahami | * Mendengarkan percakapan | * Bacaan kegiatan di | * Menjawab pertanyaan bacaan. | PG | 1 |
wacana lisan dalam berbagai ragam | dalam berbagai kegiatan di | lingkungan masyarakat. | 2 | ||||
bahasa. | lingkungan sekolah dan di | 3 | |||||
rumah atau masyarakat | |||||||
tentang tempat umum. | |||||||
* Mendengarkan berita yang | * Berita | * Menjelaskan tatacara menyimak | PG | 4 | |||
disiarkan melalui radio, televisi, | berita. | ||||||
atau media lain. | * Menyebutkan sumber berita | PG | 5 | ||||
* Menjelaskan isi berita | PG | 6 | |||||
2 | VII/Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat | * Bercerita tentang tema tertentu | * Dialek | * Menentukan dialek suatu wilayah | PG | 7 |
gagasan dan perasaan secara lisan mela- | menggunakan ragam ngoko, | * Menjelaskan isi percakapan | PG | 8 | |||
lui berbicara, bertelepon dan berdialog | krama atau dialek. | ||||||
dalam berbagai ragam bahasa Jawa | |||||||
sesuai unggah-ungguh. | * Berbicara tentang tembung | * Tembung Lingga | * Menentukan jenis tembung. | PG | 9 | ||
lingga. | |||||||
* Menentukan kalimat yang meng- | PG | 10 | |||||
gunakan tembung rangkep. | |||||||
* Berdialog dengan mengguna- | * Percakapan | * Menentukan ragam basa | PG | 11 | |||
kan ragam bahasa yang sesuai. | * Menjelaskan isi percakapan | PG | 12 | ||||
* Melengkapi kalimat rumpang | PG | 13 | |||||
(kekosongan kalimat). | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Bertanya dengan menggunakan | PG | 14 | |||||
ragam bahasa yang sesuai. | |||||||
* Menjawab pertanyaan dengan | PG | 15 | |||||
menggunakan ragam bahasa yang | |||||||
sesuai. | |||||||
* Mengubah kalimat dari ragam | PG | 16 | |||||
ngoko ke dalam ragam krama. | 17 | ||||||
* Mengubah kalimat dari ragam | PG | 18 | |||||
ngoko lugu ke dalam ragam | |||||||
ngoko alus. | |||||||
* Berbicara Dasanama | * Dasanama | * Menyebutkan dasanama dari | PG | 19 | |||
sebuah kata. | |||||||
3 | VII/Genap | * Mampu membaca bacaan sastra, non | * Membaca pemahaman bacaan | * Teks Bacaan Kethoprak | * Menjelaskan isi bacaan | PG | 20 |
sastra dalam berbagai teknik membaca | sastra (cerita kethoprak) | 21 | |||||
dan bacaan berhuruf Jawa. | bacaan non sastra dengan | 22 | |||||
tema tertentu. | |||||||
* Membaca Kerata Basa | * Kerata Basa | * Menentukan jenis basa rinengga | PG | 23 | |||
* Menentukan contoh basa rinengga | PG | 24 | |||||
* Membaca Parikan | * Parikan | * Menentukan jenis basa rinengga | PG | 25 | |||
* Menentukan contoh basa rinengga | PG | 26 | |||||
* Membaca indah tembang | * Tembang Megatruh | * Menentukan watak tembang | PG | 27 | |||
macapat megatruh. | 28 | ||||||
* Menentukan aturan tembang | PG | 29 | |||||
30 | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Membaca paragraf sederhana | * Aksara Jawa | * Menetukan urutan Aksara Jawa | PG | 31 | |||
berhuruf Jawa | * Membaca kalimat dengan tulisan | PG | 32 | ||||
aksara jawa. | 33 | ||||||
* Menyalin kalimat beraksara Jawa | PG | 34 | |||||
ke dalam tulisan latin. | |||||||
* Menyalin kata beraksara Jawa | PG | 35 | |||||
ke dalam tulisan latin. | |||||||
* Melengkapi kalimat rumpang | PG | 36 | |||||
(kekosongan kalimat) | 37 | ||||||
4 | VII/Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan | * Menulis Karangan | * Menulis Karangan | * Menjelaskan isi karangan | PG | 38 |
pendapat, dan perasaan dalam berbagai | * Menentukan jenis karangan | PG | 39 | ||||
jenis karangan menggunakan ragam | |||||||
bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan | * Menulis Tembung Saroja | * Tembung Saroja | * Melengkapi tembung saroja | PG | 40 | ||
menulis paragraf berhuruf Jawa. | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
1 | VII/Genap | * Mampu mendengarkan dan memahami | * Mendengarkan percakapan | * Bacaan kegiatan di | * Membuat pertanyaan sesuai | Uraian | 41 |
wacan lisan dalam berbagai ragam | dalam berbagai kegiatan di | lingkungan masyarakat. | dengan isi berita. | ||||
bahasa. | lingkungan sekolah dan di | ||||||
rumah atau masyarakat | |||||||
tentang tempat umum. | |||||||
2 | VII/Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat | * Berdialog dengan mengguna- | * Unggah-Ungguh Basa | * Menjelaskan pengertian ragam | Uraian | 42 |
gagasan dan perasaan secara lisan mela- | kan ragam bahasa yang sesuai. | bahasa. | |||||
lui berbicara, bertelepon dan berdialog | |||||||
dalam berbagai ragam bahasa Jawa | |||||||
sesuai unggah-ungguh. | |||||||
3 | VII/Genap | * Mampu membaca bacaan sastra, non | * Membaca indah tembang | * Tembang Macapat | * Menjelaskan aturan tembang | Uraian | 43 |
sastra dalam berbagai teknik membaca | macapat megatruh. | macapat | |||||
dan bacaan berhuruf Jawa. | |||||||
* Membaca Tembung Saroja | * Tembung Saroja | * Melengkapi tembung saroja | Uraian | 44 | |||
* Membaca paragraf sederhana | * Aksara Jawa | * Menyalin teks tulisan Jawa ke | Uraian | 45 | |||
dengan tulisan Jawa | dalam tulisan latin. | ||||||