Paribasan E - K |
E
|
G
|
J
|
K
|
Paribasan E - K |
E
|
G
|
J
|
K
|
Paribasan A - D |
A
|
B
|
C
|
D
|
KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS | |||||||
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | |||||||
Satuan Pendidikan | : Madrasah Tsanawiyah | Alokasi Waktu : 90 Menit | |||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | Jumlah Soal : 40 PG, 5 Uraian | |||||
Penyusun : Tim Penyusun KKMTs Surakarta | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
1 | VIII / Genap | * Mampu mendengarkan dan memahami | * Mendengarkan berita yang | * Berita berbahasa Jawa | * Menyebutkan pokok-pokok | PG | 1 |
berbagai wacana lisan dalam berbagai | disiarkan melalui media | dari media elektronik. | berita. | ||||
ragam bahasa Jawa. | elektronik. | * Memberikan tanggapan atas isi | PG | 2 | |||
berita. | |||||||
2 | VIII / Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, | * Berpidato | * Pidato berbahasa Jawa | * Menjelaskan isi pidato/sesorah. | PG | 3 |
pendapat, gagasan, dan perasaan | (Sesorah). | 4 | |||||
secara lisan melalui berbicara, | * Menyebutkan bagian-bagian | PG | 5 | ||||
bertelepon dan berdialog dalam | pidato/sesorah. | 6 | |||||
berbagai ragam bahasa dengan | * Menuliskan salah satu bagian | Uraian | 41 | ||||
unggah-ungguh basa yang sesuai. | pidato/sesorah. | ||||||
* Bercerita tentang pengalaman | * Bercerita tentang penga- | * Menjelaskan isi cerita. | PG | 7 | |||
yang berkesan. | laman yang mengesankan. | 8 | |||||
* Menentukan jenis cerita. | PG | 9 | |||||
3 | VIII / Genap | * Mampu membaca indah | * Membaca indah cerkak dan | * Membaca indah cerkak. | * Menjelaskan isi cerkak. | PG | 10 |
Tembang Sinom. | 11 | ||||||
* Menelaah unsur intrinsik cerkak. | PG | 12 | |||||
13 | |||||||
14 | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Membaca indah Tembang | * Menjelaskan isi Tembang Sinom. | PG | 15 | ||||
Sinom. | 16 | ||||||
* Menjelaskan istilah sukar dalam | PG | 17 | |||||
Tembang Sinom. | |||||||
* Menyebutkan watak Tembang | PG | 18 | |||||
Macapat. | |||||||
* Menyebutkan aturan Tembang | PG | 19 | |||||
Macapat. | 20 | ||||||
* Menyebutkan aturan/paugeran | Uraian | 42 | |||||
Tembang Sinom. | |||||||
* Mampu membaca dan memahami | * Membaca dua paragraf | * Membaca Aksara Jawa | * Membaca teks tulisan Jawa | PG | 21 | ||
bacaan berhuruf Jawa. | berhuruf Jawa. | yang menerapkan aksara rekan | |||||
* Membaca teks tulisan Jawa | Uraian | 43 | |||||
yang menerapkan aksara swara | |||||||
* Menjelaskan isi bacaan. | PG | 22 | |||||
23 | |||||||
* Melengkapi teks rumpang. | PG | 24 | |||||
* Membaca Purwakanthi. | * Purwakanthi | * Menentukan purwakanthi. | PG | 25 | |||
26 | |||||||
* Membaca Paribasan. | * Paribasan | * Menjelaskan makna salah satu | PG | 27 | |||
paribasan. | Uraian | 44 | |||||
* Menentukan paribasan. | PG | 28 | |||||
4 | VIII / Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, | * Menulis surat undangan. | * Menulis surat undangan | * Menyebutkan jenis surat | PG | 29 |
gagasan, pendapat dan perasaan secara | undangan. | ||||||
tertulis dalam berbagai bentuk tulisan | * Menjelaskan isi surat undangan. | PG | 30 | ||||
dan ragam bahasa Jawa sesuai dengan | 31 | ||||||
unggah-ungguh basa yang benar. | * Menyebutkan bagian-bagian | PG | 32 | ||||
surat. | 33 | ||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Menulis dua paragraf | * Menulis aksara Jawa | * Menulis kalimat berhuruf Jawa | PG | 34 | |||
berhuruf Jawa. | yang menerapkan aksara swara | Uraian | 45 | ||||
* Menulis kalimat berhuruf Jawa | PG | 35 | |||||
yang menerapkan sandhangan | |||||||
wyanjana. | |||||||
* Melengkapi teks rumpang | PG | 36 | |||||
* Menulis Parikan. | * Parikan | * Menentukan jenis sastra. | PG | 37 | |||
* Melengkapi parikan. | PG | 38 | |||||
* Menulis Tembung Garba. | * Tembung Garba | * Menuliskan tembung garba. | PG | 39 | |||
* Mengurai asal tembung garba. | PG | 40 | |||||
KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS | |||||||
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 | |||||||
Satuan Pendidikan | : Madrasah Tsanawiyah | Alokasi Waktu : 90 Menit | |||||
Mata Pelajaran | : Bahasa Jawa | Jumlah Soal : 40 PG, 5 Uraian | |||||
Penyusun : Tim Penyusun KKMTs Surakarta | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
1 | VII/Genap | * Mampu mendengarkan dan memahami | * Mendengarkan percakapan | * Bacaan kegiatan di | * Menjawab pertanyaan bacaan. | PG | 1 |
wacana lisan dalam berbagai ragam | dalam berbagai kegiatan di | lingkungan masyarakat. | 2 | ||||
bahasa. | lingkungan sekolah dan di | 3 | |||||
rumah atau masyarakat | |||||||
tentang tempat umum. | |||||||
* Mendengarkan berita yang | * Berita | * Menjelaskan tatacara menyimak | PG | 4 | |||
disiarkan melalui radio, televisi, | berita. | ||||||
atau media lain. | * Menyebutkan sumber berita | PG | 5 | ||||
* Menjelaskan isi berita | PG | 6 | |||||
2 | VII/Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat | * Bercerita tentang tema tertentu | * Dialek | * Menentukan dialek suatu wilayah | PG | 7 |
gagasan dan perasaan secara lisan mela- | menggunakan ragam ngoko, | * Menjelaskan isi percakapan | PG | 8 | |||
lui berbicara, bertelepon dan berdialog | krama atau dialek. | ||||||
dalam berbagai ragam bahasa Jawa | |||||||
sesuai unggah-ungguh. | * Berbicara tentang tembung | * Tembung Lingga | * Menentukan jenis tembung. | PG | 9 | ||
lingga. | |||||||
* Menentukan kalimat yang meng- | PG | 10 | |||||
gunakan tembung rangkep. | |||||||
* Berdialog dengan mengguna- | * Percakapan | * Menentukan ragam basa | PG | 11 | |||
kan ragam bahasa yang sesuai. | * Menjelaskan isi percakapan | PG | 12 | ||||
* Melengkapi kalimat rumpang | PG | 13 | |||||
(kekosongan kalimat). | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Bertanya dengan menggunakan | PG | 14 | |||||
ragam bahasa yang sesuai. | |||||||
* Menjawab pertanyaan dengan | PG | 15 | |||||
menggunakan ragam bahasa yang | |||||||
sesuai. | |||||||
* Mengubah kalimat dari ragam | PG | 16 | |||||
ngoko ke dalam ragam krama. | 17 | ||||||
* Mengubah kalimat dari ragam | PG | 18 | |||||
ngoko lugu ke dalam ragam | |||||||
ngoko alus. | |||||||
* Berbicara Dasanama | * Dasanama | * Menyebutkan dasanama dari | PG | 19 | |||
sebuah kata. | |||||||
3 | VII/Genap | * Mampu membaca bacaan sastra, non | * Membaca pemahaman bacaan | * Teks Bacaan Kethoprak | * Menjelaskan isi bacaan | PG | 20 |
sastra dalam berbagai teknik membaca | sastra (cerita kethoprak) | 21 | |||||
dan bacaan berhuruf Jawa. | bacaan non sastra dengan | 22 | |||||
tema tertentu. | |||||||
* Membaca Kerata Basa | * Kerata Basa | * Menentukan jenis basa rinengga | PG | 23 | |||
* Menentukan contoh basa rinengga | PG | 24 | |||||
* Membaca Parikan | * Parikan | * Menentukan jenis basa rinengga | PG | 25 | |||
* Menentukan contoh basa rinengga | PG | 26 | |||||
* Membaca indah tembang | * Tembang Megatruh | * Menentukan watak tembang | PG | 27 | |||
macapat megatruh. | 28 | ||||||
* Menentukan aturan tembang | PG | 29 | |||||
30 | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
* Membaca paragraf sederhana | * Aksara Jawa | * Menetukan urutan Aksara Jawa | PG | 31 | |||
berhuruf Jawa | * Membaca kalimat dengan tulisan | PG | 32 | ||||
aksara jawa. | 33 | ||||||
* Menyalin kalimat beraksara Jawa | PG | 34 | |||||
ke dalam tulisan latin. | |||||||
* Menyalin kata beraksara Jawa | PG | 35 | |||||
ke dalam tulisan latin. | |||||||
* Melengkapi kalimat rumpang | PG | 36 | |||||
(kekosongan kalimat) | 37 | ||||||
4 | VII/Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan | * Menulis Karangan | * Menulis Karangan | * Menjelaskan isi karangan | PG | 38 |
pendapat, dan perasaan dalam berbagai | * Menentukan jenis karangan | PG | 39 | ||||
jenis karangan menggunakan ragam | |||||||
bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan | * Menulis Tembung Saroja | * Tembung Saroja | * Melengkapi tembung saroja | PG | 40 | ||
menulis paragraf berhuruf Jawa. | |||||||
No | Kelas/ | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | No. |
Urut | Semester | Soal | |||||
1 | VII/Genap | * Mampu mendengarkan dan memahami | * Mendengarkan percakapan | * Bacaan kegiatan di | * Membuat pertanyaan sesuai | Uraian | 41 |
wacan lisan dalam berbagai ragam | dalam berbagai kegiatan di | lingkungan masyarakat. | dengan isi berita. | ||||
bahasa. | lingkungan sekolah dan di | ||||||
rumah atau masyarakat | |||||||
tentang tempat umum. | |||||||
2 | VII/Genap | * Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat | * Berdialog dengan mengguna- | * Unggah-Ungguh Basa | * Menjelaskan pengertian ragam | Uraian | 42 |
gagasan dan perasaan secara lisan mela- | kan ragam bahasa yang sesuai. | bahasa. | |||||
lui berbicara, bertelepon dan berdialog | |||||||
dalam berbagai ragam bahasa Jawa | |||||||
sesuai unggah-ungguh. | |||||||
3 | VII/Genap | * Mampu membaca bacaan sastra, non | * Membaca indah tembang | * Tembang Macapat | * Menjelaskan aturan tembang | Uraian | 43 |
sastra dalam berbagai teknik membaca | macapat megatruh. | macapat | |||||
dan bacaan berhuruf Jawa. | |||||||
* Membaca Tembung Saroja | * Tembung Saroja | * Melengkapi tembung saroja | Uraian | 44 | |||
* Membaca paragraf sederhana | * Aksara Jawa | * Menyalin teks tulisan Jawa ke | Uraian | 45 | |||
dengan tulisan Jawa | dalam tulisan latin. | ||||||