Thursday, May 24, 2012

kisi-kisi us basa jawa kelas 8 semester 2


KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Alokasi Waktu     : 90 Menit
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa Jumlah Soal          : 40 PG, 5 Uraian
Penyusun              : Tim Penyusun KKMTs Surakarta
No Kelas/ Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Indikator Bentuk Soal No. 
Urut Semester Soal
1 VIII / Genap * Mampu mendengarkan dan memahami  * Mendengarkan berita yang  * Berita berbahasa Jawa * Menyebutkan pokok-pokok PG 1
       berbagai wacana lisan dalam berbagai    disiarkan melalui media     dari media elektronik.    berita.    
       ragam bahasa Jawa.    elektronik.   * Memberikan tanggapan atas isi PG 2
             berita.    
               
2 VIII / Genap * Mampu mengungkapkan pikiran, * Berpidato * Pidato berbahasa Jawa * Menjelaskan isi pidato/sesorah. PG 3
       pendapat, gagasan, dan perasaan       (Sesorah).     4
       secara lisan melalui berbicara,      * Menyebutkan bagian-bagian  PG 5
       bertelepon dan berdialog dalam        pidato/sesorah.   6
       berbagai ragam bahasa dengan     * Menuliskan salah satu bagian Uraian 41
       unggah-ungguh basa yang sesuai.        pidato/sesorah.    
               
      * Bercerita tentang pengalaman * Bercerita tentang penga- * Menjelaskan isi cerita. PG 7
         yang berkesan.    laman yang mengesankan.     8
          * Menentukan jenis cerita. PG 9
               
3 VIII / Genap * Mampu membaca indah * Membaca indah cerkak dan * Membaca indah cerkak. * Menjelaskan isi cerkak. PG 10
         Tembang Sinom.       11
          * Menelaah unsur intrinsik cerkak. PG 12
              13
              14
               
               
No Kelas/ Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Indikator Bentuk Soal No. 
Urut Semester Soal
        * Membaca indah Tembang * Menjelaskan isi Tembang Sinom. PG 15
           Sinom.     16
          * Menjelaskan istilah sukar dalam PG 17
             Tembang Sinom.    
          * Menyebutkan watak Tembang PG 18
             Macapat.    
          * Menyebutkan aturan Tembang PG 19
             Macapat.   20
          * Menyebutkan aturan/paugeran Uraian 42
             Tembang Sinom.    
               
    * Mampu membaca dan memahami  * Membaca dua paragraf * Membaca Aksara Jawa * Membaca teks tulisan Jawa PG 21
       bacaan berhuruf Jawa.    berhuruf Jawa.      yang menerapkan aksara rekan    
          * Membaca teks tulisan Jawa Uraian 43
             yang menerapkan aksara swara    
          * Menjelaskan isi bacaan. PG 22
              23
          * Melengkapi teks rumpang. PG 24
               
      * Membaca Purwakanthi. * Purwakanthi * Menentukan purwakanthi. PG 25
              26
               
      * Membaca Paribasan. * Paribasan * Menjelaskan makna salah satu PG 27
             paribasan. Uraian 44
          * Menentukan paribasan. PG 28
               
4 VIII / Genap * Mampu mengungkapkan pikiran, * Menulis surat undangan. * Menulis surat undangan * Menyebutkan jenis surat PG 29
       gagasan, pendapat dan perasaan secara        undangan.    
       tertulis dalam berbagai bentuk tulisan     * Menjelaskan isi surat undangan. PG 30
       dan ragam bahasa Jawa sesuai dengan         31
       unggah-ungguh basa yang benar.     * Menyebutkan bagian-bagian PG 32
             surat.   33
No Kelas/ Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Indikator Bentuk Soal No. 
Urut Semester Soal
      * Menulis dua paragraf  * Menulis aksara Jawa  * Menulis kalimat berhuruf Jawa PG 34
         berhuruf Jawa.      yang menerapkan aksara swara Uraian 45
          * Menulis kalimat berhuruf Jawa  PG 35
             yang menerapkan sandhangan     
             wyanjana.    
          * Melengkapi teks rumpang PG 36
               
      * Menulis Parikan. * Parikan * Menentukan jenis sastra. PG 37
          * Melengkapi parikan. PG 38
               
      * Menulis Tembung Garba. * Tembung Garba * Menuliskan tembung garba. PG 39
          * Mengurai asal tembung garba. PG 40
               
               

No comments:

Post a Comment